Melihat: Setiap Pembunuh Jigsaw Dijelaskan

Film & TV

Membuka kedok penjahat, asisten, dan penerus yang menciptakan game bengkok dan jebakan maut dalam franchise horor ikonik ini.

Mulai tahun 2003, Gergaji franchise adalah salah satu seri paling ikonik dalam genre horor, dengan total satu film pendek dan sembilan fitur hingga saat ini. Selama bertahun-tahun, banyak karakter telah mengambil tindakan untuk menculik korban yang tidak curiga dan memaksa mereka melalui seri permainan mimpi buruk, tetapi orang seperti apa yang akan melakukan hal seperti itu dan mengapa?

Selama waralaba yang berjalan lama, lima sutradara berbeda telah memimpin narasinya, dimulai dengan sulap pencipta alam semesta James Wan . Dari tahun 2004 hingga 2010, film-film tersebut dirilis setiap tahun tepat sebelum Halloween, tetapi sekarang muncul secara sporadis.

TERKAIT: Trailer Saw Meets The Hunger Games di Alice in Borderland

penjahat dari Gergaji waralaba disebut di alam semesta sebagai Pembunuh Jigsaw , seorang pembunuh berantai sadis yang menempatkan korbannya dalam jebakan rumit bertema di sekitar kesalahan yang mereka rasakan. Tujuan nyatanya adalah untuk memberi para korban pelajaran hidup melalui kekerasan yang tak terkatakan. Ini, tidak mengejutkan, melihat hasil yang beragam, dengan beberapa korban yang pergi berubah menjadi lebih baik, yang lain sekarat dengan mengerikan, dan tetap saja, yang lain terluka seumur hidup. Pembunuh mendapatkan nama dari kebiasaan mengiris potongan jigsaw puzzle dari daging korban mereka. Umumnya, A-plot masing-masing Gergaji film mengikuti para korban saat mereka menavigasi tugas-tugas mengerikan mereka, tetapi plot-B biasanya disediakan untuk para pembunuh.

  Melihat-Akhir-Dr-Lawrence-Gordon-Hacksaw-Foot

Yang pertama dan Jigsaw Killer paling terkenal adalah John Kramer, diperankan oleh Tobin Bell, pembunuh utama dalam film pertama, kedua dan ketiga, yang telah muncul di semua kecuali satu film . Kramer mencari nafkah sebagai insinyur sipil, yang tampaknya sangat bagus, di mana dia belajar banyak sekali ilmu dan teknik mekanik. Kramer memiliki istri tercinta, Jill Tuck, dengan siapa dia mengharapkan seorang anak. Sayangnya, seorang pecandu narkoba di klinik tempat Jill bekerja menyebabkan kecelakaan, menyebabkan Jill keguguran. Trauma itu menghancurkan pernikahan mereka, menyebabkan perceraian dan lebih buruk lagi, John didiagnosis menderita kanker stadium akhir. Setelah semua harapan tampak hilang, Kramer mencoba bunuh diri, tetapi melawan segala rintangan, dia selamat dan menemukan tujuan baru.

Kramer memulai pekerjaan suramnya segera setelah upaya bunuh diri, dan seiring berjalannya film, detail yang lebih rumit dari serangkaian rencana yang tampaknya tak terbatas menjadi jelas. Rencana ini jauh melampaui kematiannya di Melihat III. Kramer muncul dalam kilas balik di setiap film kecuali Spiral , tapi pengaruhnyalah yang membuat game ini terus berjalan. Kramer menciptakan mualaf dengan filosofinya, setiap pembunuh baru yang mengambil alih jubah adalah bawahan langsung dari yang pertama. Film-filmnya sering tidak dalam urutan kronologis, jadi kaki tangan pertamanya sebenarnya didramatisasi pada tahun 2017 Gergaji ukir.

kaki tangan pertama untuk mengambil jubah Jigsaw adalah Logan Nelson, seorang mantan dokter yang meraba-raba hasil tes medis Kramer, yang menyebabkan kankernya menjadi terminal sebelum pengobatan dapat diterapkan. Kramer menempatkan Nelson dalam jebakan tetapi menyadari bahwa membunuhnya karena kesalahan yang jujur ​​bertentangan dengan kodenya. Dengan itu, dia mengizinkan Nelson menjadi kaki tangannya, menuntunnya untuk membuat serangkaian jebakan sendiri dalam gaya Jigsaw satu dekade kemudian. Nelson menciptakan kembali serangkaian kejahatan Jigsaw dan menjebak seorang korban, dia bebas dan tidak terlihat lagi sejak itu.

Pengikut Kramer berikutnya adalah Amanda Young, seorang pecandu heroin rapuh yang ditempatkan ke dalam perangkap beruang terbalik yang ikonik, yang harus dia bunuh untuk bertahan hidup. Amanda secara emosional hancur oleh peristiwa itu, tetapi dia langsung bersikeras bahwa dia sekarang bersih dan sadar, dan bahwa Jigsaw membantunya. Dia kemudian dengan cepat bergabung dengan misi Kramer, yang dimaksudkan untuk membawa obor setelah kematiannya yang tak terhindarkan. Partisipasinya adalah perubahan besar dari melihat II, tapi dengan melihat III, dia kurang berkomitmen pada Kramer, menciptakan jebakan yang tak terhindarkan yang bertentangan langsung dengan keinginannya. Kramer tidak mempercayai kemampuannya untuk melanjutkan warisannya , jadi dia menguji belas kasihannya, dan dia gagal, menyebabkan kematiannya di tangan korban yang pendendam. Kemudian, terungkap bahwa dia diperas menjadi gagal karena keterlibatannya dalam keguguran Jill.

Pertama Gergaji film memperkenalkan karakter Cary Elwes , Dr.Lawrence Gordon. Gordon adalah dokter yang dengan tepat mengidentifikasi kanker Kramer, meskipun terlambat untuk melakukan sesuatu. Kramer menguncinya di kamar mandi kotor karena berselingkuh dengan istrinya, membuatnya melihat kakinya untuk melarikan diri. Tak lama kemudian, meskipun tidak diungkapkan kepada penonton sampai enam film kemudian, Dr. Gordon dirawat kembali hingga sehat oleh Kramer dan bergabung dengannya sebagai murid ketiganya, menggunakan pengetahuan medisnya untuk membantu beberapa jebakan biologis. Gordon membantu Kramer sebelum, selama, dan setelah kematiannya dan lolos dari penangkapan setelah Melihat 3D.

Di tengah peristiwa tersebut, muncul seorang pembunuh peniru, Detektif Mark Hoffman. Hoffman ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan Jigsaw tetapi membuat perangkapnya sendiri untuk membunuh pembunuh saudara perempuannya, membingkai tindakannya sebagai tindakan Kramer lainnya. Kramer mengambil pengecualian untuk membunuh tanpa memberikan kesempatan untuk bertahan hidup dan kemudian memeras Hoffman untuk bergabung dengannya. Seiring waktu, Hoffman menjadi berdedikasi untuk pekerjaan itu, bersaing dengan Amanda untuk menjadi penerus langsung Jigsaw. Hoffman adalah orang yang memeras Amanda, menyebabkan kematiannya yang tragis . Hoffman secara besar-besaran terbawa melawan rekan-rekannya untuk mendapatkan kendali tunggal atas warisan Jigsaw dan kemudian terbunuh. Terperangkap oleh Dr. Gordon di kamar mandi yang pernah dia hindari, Hoffman dibiarkan mati tanpa jalan keluar.

  Melihat Seri Jigsaw

Kaki tangan lainnya hadir tetapi tidak mengambil alih pembunuhan Jigsaw secara penuh. Istri John, Jill, terlibat sebentar dalam upaya membunuh Hoffman, tetapi dia terbunuh sebagai pembalasan. Ketika Dr. Gordon menangkap Hoffman karena nasibnya yang suram, dia bergabung dengan dua penyerang yang tidak disebutkan namanya yang mengenakan topeng babi. Ini memperjelas bahwa beberapa asisten Kramer tidak pernah terungkap. Pembunuh Jigsaw terakhir, hadir di tahun ini Spiral , adalah pembunuh peniru bernama Emmerson. Pembunuh pertama yang tidak memiliki hubungan langsung dengan Kramer, Emmerson merobek gaya khas Kramer untuk menghukum polisi korup dan lolos begitu saja. Dia, sejauh ini, adalah Pembunuh Jigsaw terakhir, meskipun klaimnya atas gelar itu dapat diperdebatkan.

Daftar total Jigsaw Killers adalah John Kramer, keempat petobatnya; Nelson, Amanda, Dr. Gordon dan Hoffman, dan Emmerson, si peniru. Masing-masing memiliki motivasi, tantangan, dan hasil yang bervariasi, tetapi Jigsaw Killers tetap menjadi salah satu dari penjahat yang paling dicintai dalam sejarah film .

LAGI: Apa Seri 'Saw' Mengungkapkan Tentang Horor 2000-an